Mengenal Apa itu Port Scanning

Halo temen” selamat datang, semoga kita sehat selalu. Pada kali ini kita akan berkenalan dengan Port Scanning.

Port Scanning
Port Scanning

Port Scanning adalah sebuah aktivitas yang biasanya dilakukan administrator jaringan untuk mencari port TCP/UDP yang terbuka pada sebuah mesin.

Pengertian dari Port Scanning sangat sederhana dan dapat kita uraikan bahwa port itu adalah sebuah pintu dan scanning itu adalah mengamati / meninjau. Jadi Port Scanning dapat kita simpulkan adalah sebuah kegiatan atau proses mengamati untuk mencari atau meneliti port pada sebuah komputer atau peralatan internet.

Tujuan dari Port Scanning sendiri untuk meneliti kemungkinan-kemungkinan kelemahan yang ada pada sebuah sistem yang terpasang pada komputer / peralatan internet melalui port yang terbuka.

Apakah port scanning termasuk dalam CyberCrime? port scanning digunakan untuk mengintai sebuah server sebelum cracker mulai melakukan serangan pada server tersebut. Cracker melakukan “Port Scanning” pada sebuah server untuk melihat service yang tersedia pada target. Sebagai contoh, hasil dari port scanning pada target menampilkan service yang berjalan seperti apache, Mail Server Sendmail, dan seterusnya. Pada aktifitas ini cracker memang belum mencuri data apapun pada sebuah server, namun kegiatan yang dilakukan sudah mencurigakan. Jika tujuannya adalah untuk menambah ilmu dan tidak ada data yang dicuri ataupun perusakan pada sistem target maka itu tidak termasuk CyberCrime

One Reply to “Mengenal Apa itu Port Scanning”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *