Apa itu MQTT?

MQTT Logo

MQTT ( Message Queuing Telemetry Transport ) adalah sebuah protokol yang berjalan melalui TCP/IP. MQTT sendiri adalah sebuah protokol dua arah dengan ukuran paket yang kecil.

MQTT biasanya digunakan pada project IoT. MQTT bertugas untuk menyampaikan / meneruskan sebuah perintah dari sebuah publisher ke subscriber. MQTT sangat efisien digunakan untuk project IoT karena dapat menggunakan konsep Node to Node yang artinya kita mempunyai lebih dari satu microcontroller dengan fungsi yang berbeda namun Subscriber dan Publisher dapat berkomunikasi tanpa mengganggu microcontroler lainnya.

Nah sebelum lanjut lebih dalam mari kita mengenal publisher, subscriber dan broker pada MQTT

Broker

Broker pada protokol MQTT tidak jauh berbeda dari konsep sebuah server pada umumnya. Tugas broker adalah untuk menyampaikan pesan dari publisher ke subscriber

Publisher

Publisher pada MQTT bertugas untuk mengirim sebuah pesan yang akan diterima oleh subscriber dengan Topic yang sama.

Subscriber

Subscriber adalah sebuah penerima pesan dari publisher.

Nah, kita telah mengenal Broker, Publisher dan Subscriber. Tapi Apa itu Topic?

Topic

Topic adalah sebuah kata yang digunakan agar Subscriber dengan Publisher dapat berkomunikasi. Contoh : kita mempunyai aplikasi untuk mematikan lampu kamar (sebagai publisher) dan microcontroler yang terhubung dengan saklar (sebagai subscriber)

Nah, antara subscriber dan publisher kita membutuhkan topic misalkan Topicnya KAMAR1, maka publisher akan mengirim perintah untuk mematikan lampu dengan Topic KAMAR1.

lalu Subscriber dengan topic KAMAR1 akan menerima sebuah pesan yaitu untuk mematikan lampu kamar tadi.

Dengan topic kita sangat mudah mengelola microcontroller lebih dari 1 dengan mengubah topcinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *